Happy Sweet 17th my Seszi

Happy Birthday my Seszi, It's your sweet 17th..


Sebelum membaca keseluruhan, ada baiknya membaca basmalah terlebih dahulu karena cerita ini cukup panjang. Cerita ini di peruntukan buat Seszi yang baru saja bertambah usianya. Tulisan dalam cerita ini memakai kata-kata formal dari awal cerita sampai pertengahan cerita dan kata-kata informal dari pertengahan cerita sampai cerita selesai.

Okay, aku bakal ceritakan apa yang aku rasakan dari awal mempersiapkan hadiah sampe akhir selesai memberikannya.

Sejujurnya aku mempersiapkan ini sangat matang dengan kehati-hatian. Ketika sebulan sebelum kamu ultah, aku membuat list hadiah-hadiah yang mungkin aku kasih ke kamu dengan kesan yang mendalam.





Nah.. Disini aku gak bergerak sendirian, aku bertanya-tanya ke temen-temen tentang hadiah yang kira-kira bakal aku kasih ke kamu.

Lalu seiring dengan berjalannya waktu aku mengeliminasi satu per satu list yang aku tulis tersebut sampai akhirnya aku sepakati beberapa hadiah yang akan aku kasih ke kamu. Sesudah menyepakati hadiah, aku mulai membuat planning. Aku buat 2 planning untuk antisipasi kalo misalkan planning yang 1 gagal.

1 planning terdiri dari 3 sampai 4 serangkaian hadiah.
Planning awal yang ada di fikiran aku adalah aku ngasih kamu cerita "TS History Love" dengan menggunakan power point yang di kasetkan dengan CD. Lalu ditambah Lukisan mirip-mirip seperti yang anak saman kasih ke kamu cuma beda gambarnya. Serta ditambah pula dini hari pas jam 00.00 aku ke rumah kamu dengan teman-teman memberikan kue dan tentunya bunga mawar 16 tangkai yang akan aku berikan di acara kamu.


Setelah menetapkan planning awal, aku bertanya-tanya lokasi yang jual hadiah dan gemana baiknya ke temen-temen. Lokasi awal yang aku dapatkan adalah tempat lukisan, setelah dapat lokasi tersebut, aku langsung survey sendiri ke lokasi yang jual lukisan dan berbincang-bincang seputar harga dan teknis pemesanan ketika H-14 (2 minggu).

Hari berlalu, aku mencari foto kamu yang unik untuk di lukis. Aku mendapatkan foto tersebut, dan aku yakin kamu belum pernah liat foto itu sebelumnya karena pemotretannya yang sembunyi-sembunyi.

Belum sempat aku memesan lukisan dengan foto kamu yang unik, salah satu teman memberiku ide untuk memberikanmu Barbie Basics yang sedang kamu idam-idamkan. Setelah ide itu di kemukakan, aku langsung memasukannya ke dalam list untuk di pertimbangkan.

Selagi aku memikirkan hadiah yang lain yang sesuai budget, ada 1 hadiah yang sudah bulat akan aku berikan ke kamu. Hadiah itu adalah bunga 16 tangkai. Maka mulalilah aku bertanya ke temen-temen lagi dimana tempat penjualan bunga tangkaian. Sebelumnya aku juga sempat mempertimbangkan bunga yang akan aku berikan itu bunga asli yang tidak tahan lama untuk di simpan atau bunga palsu yang bisa tahan lama untuk di simpan. Sampai akhirnya pernyataan dari seorang temen meyakinkanku untuk memberikanmu bunga asli. Pernyataannya adalah "Bunga asli emang gak tahan lama, tapi bakalan berkesan daripada bunga palsu yang tahan lama tapi kesannya kurang."


Oke, semenjak itulah aku di bantu temenku (Arif Setiawan) pergi mencari tempat penjualan bunga tangkaian. Sebelumnya, dia bilang penjual bunga tangkaian ada di daerah Cikini, namun tak lama kemudian aku bertanya ke Mitha dan Rehan tempat bunga tangkaian di daerah Depok, dapatlah lokasi di daerah Depok Lama. Belum sempat aku kesana, Arif memberitahukan tempat yg lebih dekat dari Cikini, yaitu di daerah  Pondok Rangon.


Ke esokan harinya, aku dan Arif sepakat untuk mencari bunga tangkaian di daerah Pondok Rangon setelah itu langsung ke Depok Lama sebagai perbandingan bunga dan harganya. Setelah menyelusuri kedua tempat itu, kami lebih memilih memesan yg ada di daerah Pondok Rangon karena perbandingan harga yang sangat mencolok.


Esoknya lagi setelah menemukan tempat penjualan bunga tangkaian, aku menanyakan ke teman-teman tentang warna bunga yang akan aku berikan ke kamu. Aku berfikir akan memberimu mawar pink, alasannya karena pink adalah warna kesukaanmu. Namun, teman-teman lebih merespon antara merah dan putih.


Akhirnya aku searching ke google makna warna bunga mawar, dan dari situ warna merah atau putih lebih terlihat baik dan romantis di bandingkan warna pink. Akhirnya aku memilih warna putih, karena selain sesuai tema ulang tahun kamu "black and white" warna putih juga melambangkan kesucian, kesetiaan dan cinta yang tulus. Selain itu juga, warna merah sudah terlalu sering digunakan untuk diberikan ke pasangan. Maka dari itu aku memberimu bunga mawar putih.


Setelah memesan bunga, aku memikirkan bagaimana cara mengambil bunga itu nantinya agar tidak rusak karena angin atau terkena hujan jika memang hujan turun.








Sesudah itu aku melihat waktu sudah tidak memungkinkan untuk membuat power point "TS History Love", maka aku mencoretnya dari list. Semenjak itulah 2 planning lainnya muncul untuk antisipasi apabila planning yang 1 tidak terwujud.


Planning pertama rentetan hadiahnya tidak jauh berbeda dengan planning awal. Tetap ada cake + kejutan dini hari, Lukisan, dan bunga 16 tangkai. Yang di ubah hanyalah "TS History Love"  yang di gantikan dengan antara karton  pink yang bertuliskan Happy Sweet 17th and Happy 5th Monthversary yang di penuhi oleh ucapan dan harapan dari teman-teman lainnya menggunakan spidol putih dan hitam sesuai tema ulang tahun kamu atau gabungan foto-foto kamu dan aku yang aku cetak untuk disatukan dalam bingkai.


Sedangkan planning kedua adalah Lukisan dan Cake aku korbankan untuk di gantikan oleh Barbie Basics karena aku memperhitungkan biaya Lukisan dan Cake setara dengan Barbie Basics. Bunga 16 tangkai dan karton/kumpulan foto yang di bingkai tidak tergantikan (tetap di adakan). Namun, aku tetap memasukan kejutan dini hari dalam planning ini meski tanpa cake. Disinilah aku berfikir bagaimana caranya memberi kejutan dini hari tanpa Cake.


Sebelum mengambil keputusan planning mana yang aku pilih, aku bikin ucapan Happy Sweet 17th and Happy 5th Monthversary terlebih dahulu dalam sebuah karton. Setelah jadi, aku bilang ke temen-temen kalo kartonnya bakal dihiasi ucapan mereka dengan spidol warna hitam untuk perempuan dan spidol putih (silver) untuk laki-laki. Tapi mereka bilang bagusan tanpa ucapan (polos). Atas dasar itu aku nggak nambahin ucapan dari temen-temen. Dengan demikian, maka foto yang bingkaian gak jadi aku bikin.


Bunga 16 tangkai dan handmade karton udah selesai. Tapi aku belum pilih mau ngasih Lukisan+kue atau Barbie Basics ke kamu soalnya aku belom survey harga Barbienya. Cuma pendapat dari Icha, Chacha, dan Radit aja yang aku jadiin patokan harga.


Dan... H-2 nepe dan bundo nanya ke aku "tin, lo bakal ngasih sesji lukisan gak?" Saman berniat ngasih kamu lukisan. Aku gak mungkin kalo bilang "iya gue ngasih seszi lukisan." Yaudah karena hal itu, aku makin yakin ngasih kamu Barbie basics meski gak ada cakenya.


Besoknya aku langsung minta tolong Radit buat nemenin aku nyari Barbie Basics. Radit bilang bawa duit sekian (aku gak mau sebut) aja. Aku semangat banget soalnya aku yakin kalo kamu bakalan suka sama hadiah ini. Tapi gak tau kenapa, ada aja cobaannya. Motor aku di srempet mobil sampe patah spakbornya. Aku langsung mikir benerin spakbor apa lanjut aja. Aku takut di omelin ortu waktu itu.


Yaudah aku niatin ulang tuh buat jalan, aku anggap aja "sesuatu hal yang berharga tidak dengan mudah untuk didapatkan, semua ada cobaannya masing-masing." Dan aku jalan sama Radit. Sampe di pim aku masih mikirin spakbor dan omelan ortu nantinnya.


Sampe di tempat yang jual Barbie, Radit malu buat masuknya,  yaudah aku masuk duluan Radit nyusul di belakang. Pas nanya harga..... Ternyata uang yang Radit suruh bawa itu kurang sedikit dan Radit juga lagi cekak jadi gak bisa bantu. Aku sepik-sepik aja dulu ke Radit kalo bawa uang pas sambil liat-liat barang lain. Selesai liat-liat barang lain, Radit bilang "no basi banget kalo udah sampe sini gak beli apa-apa."
Aku: "iye dit. Tapi seszi bakal seneng gak ya dit kalo gue kasih barbie Basics yang lagi dia pengenin?"
Radit: "pastilah"
Aku: "Bakal berkesan ye dit?"
Radit: "Wes, pasti itu. 17 tahun sekali seumur hidup coy"
Aku: "Iya, 17 tahun harus ngasih yang spesial banget ya dit. Yaudah yo dit balik ke tempat Barbie."


Yaudah balik lagi aku ke tempat Barbie tadi. Sebelum masuk tempat Barbie, Radit nunggu sepi dulu karna tensin kalo masuk pas ada pelanggan cewe. Kita muter-muter tempat itu aja kan kaya orang bener sambil ketawa-ketawa. Sampe disana aku bingung mau beliin karakter yang mana, aku minta pendapat penjualnya. Mbak-mbaknya nyaranin 5 karakter. Dari 5 karakter aku eliminasi 1 per 1 sampe sisa 2 karakter yang aku anggap style rambutnya mirip kamu. Dan... Aku beli yang style rambutnya blonde mirip kamu.


Bunga mawar putih 16 tangkai udah di pesen tinggal di ambil besok sore, handmade karton pink juga udah kelar, Barbie Basics pun juga udah kebeli. Wuaahhhh bersyukur banget aku. Aku tinggal ngasih surprise pagi-pagi pas jam 00 biar sesuai rencana.


Eh, cobaan spakboard belom juga selesai, dateng lagi cobaan yang lain di hari itu juga (H-1). Hp aku gak bisa di charge -_- Gemana caranya aku bisa ngucapin yang pertama ke kamu nanti kalo hp aku aja gak bisa di charge gitu. Yaudah aku coba charger kodok yang batrenya harus di lepas biar batre aku ke isi dan hp aku bisa nyala lagi karena kondisinya waktu itu udah malem gak mungkin ke counter buat benerinnya.


Aku sadar aku gak bisa ngucapin yang pertama lewat hp kalo harus jam 00.00, maka sebelum batre aku lowbat lagi, aku ngirimin kamu foto handmade buatan aku jam 23.45 buat antisipasi, dan gak lama hp aku mati, dan aku charge.


Aku gak mau ngecewain kamu. Kalo aku gak bisa ngucapin yg pertama lewat hp, aku masih bisa ngucapin yg pertama ke kamu lewat twitter. Dan pas jam 00.00 langsung aku tweet "Happy sweet 17th my princess" ke twitter kamu. Aku rasa itulah mention pertama yg kamu terima untuk ucapan selamat ulangtahun ke kamu pada tanggal 04 Maret 2012.


Tapi aku gak langsung puas, aku tau nepe udah ngirim vn ke kamu. Pas aku tau aku bukan orang pertama yang ngasih kamu vn, aku langsung inisiatif ke rumah kamu. Aku berharap bisa jadi orang pertama yg ngucapin sekaligus yg ngasih hadiah ke kamu secara langsung. Aku bawa karton pink yang aku buat sendiri itu ke rumah kamu.


Tapi pas nyampe di rumah kamu, ternyata udah ada temen-temen komplek kamu yg duluan ngasih kamu ucapan dan hadiah secara langsung. Pas aku tau aku pun juga bukan orang pertama yang ngucapin & ngasih hadiah ke kamu secara langsung, aku berfikir aku masih punya waktu lebih dari 20 jam buat ngasih yang terbaik ke kamu di sweet 17th kamu. Aku mau jadi part yang berkesan mendalam di sweet 17th kamu.


Aku manfaatin sisa waktu yang ada buat ngasih yang terbaik ke kamu. Aku berusaha rapih nyusun kegiatan dari mulai ngambil bunga di Pondok Rangon gerimis-gerimis di temenin Arif, ke zoe bawa bunganya bareng Yazid, terus nitip bunganya di mbak-mbak pelayan zoe, sampe aku ngasih hadiah terakhir ke kamu.


Aku gugup pas ngasih bunga ke kamu, itu pertama kalinya aku ngasih hadiah dengan kata-kata romantis di depan keluarga kamu dan temen-temen kamu. Tapi aku lega dan seneng pas liat kamu loncat-loncat kecil gitu pas aku selesai mengucapkan kata-kata romantis dengan bunga itu.


Aku sengaja gak ngasih sekaligus bunga dan Barbienya di waktu yang berdekatan. Aku nunggu selang waktu biar kamu bisa ngerasain dulu senengnya dapet bunga dan kata-kata romantis dari aku sebelum seneng lagi pas aku kasih Barbie. Intinya biar senengnya berlipat-lipat.




Handmade Karton Pink:








Bunga Mawar putih 16 tangkai:
NO PICTURE FOR NOW
"Aku tau kok kamu ulangtahun yang ke 17, tapi maaf ya aku cuma bisa ngasih bunga mawar sebanyak 16 tangkai, soalnya yang satu tangkai lagi gak bisa aku ambil dari hati aku. Yaitu Kamu."


Barbie Basics:










Happy Sweet 17th Sesziku sayang. I love you so much :) ({})
No one can compare you. Be my last ya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Happy Birthday to Me

SEKOLAH GUE

Puisi Waktu Gua Lagi Galau